34 Proyek Listrik Mangkrak, Ketua KPK: Kami Tinggal Nunggu Laporan Untuk...

34 Proyek Listrik Mangkrak, Ketua KPK: Kami Tinggal Nunggu Laporan Untuk Bertindak

SHARE

Publik-News.com-Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi Widodo bahwa  selama delapan Tahun terakhir ini ada 34 Proyek pembangkit Listrik yang mangkrak. Ketua KPK, Agus Rahardjo menyebut KPK bisa memprosesnya kalau sudah ada laporan.

Agus melanjutkan,saat ini KPK tinggal menunggu laporan, termasuk dari Presiden. karena beberapa waktu yang lalu Presiden sempat menyinggung proyek tersebut dan akan melaporkannya kepada KPK.

“Ya kita kan pasti dibantu oleh teman-teman dari BPKP atau BPK ya untuk mengaudit itu. Beberapa memang sudah masuk radar kita. Nah dari 34 itu banyak yg sudah masuk radar kita,” kata Agus di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2016).

Agus menambahkan,  sebagian dari 34 proyek yang mangkrak itu sudah masuk dalam radar KPK.

“PLN kami belum menerima, jadi kalau radar KPK sendiri sudah menangkap beberapa proyek ya. Tapi kan kalau menurut mereka 34 (proyek), nah itu kami belum menerima. Segara kami kalau sudah menerima, pasti akan segera dilakukan (penindakan),” ujar Agus

Menurut Agus, KPK sebetulnya sudah mengawasi proyek ini sejak awal. Karena bagaimanapun proyek pembangkit listrik ini sangatlah vital. Tentunya KPK juga akan segera mengaudit temuan dari BPK.

“Energi penting, karena kalau tidak mempunyai perencanaan yang sangat baik. Kita akan mengalami kejadian pengalaman pahit yang sama. Kita pernah menjadi eksportir minyak, tapi kemudian kita hari ini menjadi importir yang cukup besar. Nah kalau kita tidak hati-hati, tidak merencanakan dengan baik. Kejadian yang sama bisa terjadi untuk batu bara. PLTU kita banyak yang dibakar dengan batu bara, padahal sekarang juga dijual banyak. Jangan-jangan kita nanti jadi importir batu bara,” ujarnya (faruq)

 

Comment