Home Hukum ACTA: Jangan Sampai Habib Rizieq Diintimedasi Saat Jadi Saksi Ahli di Persidangan

ACTA: Jangan Sampai Habib Rizieq Diintimedasi Saat Jadi Saksi Ahli di Persidangan

Publik-News.com – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) berharap terdakwa Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan tim kuasa hukumnya tidak melakukan intimedasi terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat memberikan kesaksian pada kasus persidangan penistaan agama pekan depan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Herdiansyah, kepada wartawan di sebuah restoran cepat saji kawasan Menteng, Jakarta Pusat, (26/2/2017). Menurutnya, ACTA berharap agar kesaksian Habib Rizieq bisa berlangsung sesuai aturan yang berlaku.

“Kami ingatkan semua pihak agar jangan sampai ada intimidasi, tekanan dan perlakuan yang melanggar hukum lainnya terhadap Habib Rizieq Shihab sebelum dan pada saat beliau memberikan keterangan,” ujar Herdiansyah.

Menurut Herdiansyah, Ahok dan tim kuasa hukumnya jangan sampai keluar dari kode etik. Jangan sampai persidangan penstaan agama dengan terdakwa Ahok yang bakal di gelar di kantor Kementerian Pertanian (Kementan) itu menjadi arena yang mempertontonkan sikap kasar dan arogansi kepada publik.

“Apapun yang mereka lakukan dalam persidangan tidak boleh keluar dari koridor kode etik tersebut. Mereka harus mengedepankan sikap- sikap yang terhormat dan menjauhi sikap yang kasar dan arogan,” katanya

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa apapun yang ditanyakan Ahok dan tim kuasa hukumnya kepada Habib Rizieq jangan diulang-ulang. Jika diulang-ulang, Majelis hakim harus memberikan keteguran.

“Terdakwa tidak boleh dibiarkan sengaja mengulang-ulang pertanyaan atau mengajukan pertanyaan yang tidak relevan dengan dakwaan serta ulur waktu. Majelis Hakim juga harus tegas menegur pihak yang mengeluarkan pernyataan-pernyataan tidak etis dalam persidangan,” pungkasnya. (AN)

Comment