Ada Yang Belum Beres, Menteri Asman Akhirnya Minta LAN Hadirkan CEO Swasta

Ada Yang Belum Beres, Menteri Asman Akhirnya Minta LAN Hadirkan CEO Swasta

SHARE

Publik-News.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meminta Lembaga Administrasi Negara (LAN) agar terus memperbaiki mutu pelatihan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap pengembangan pegawai, LAN yang kini menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60, harus bekerja lebih keras dalam membangun Sumber Daya Manusia ASN yang memiliki kompetensi maupun kualitas yang mampu membawa perubahan bagi negeri ini.

“Saya mengharapkan LAN dapat melakukan perubahan-perubahan mendasar dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Dengan demikian dapat terwujud ASN yang memiliki kualitas dan profesional,” ujar Menteri Asman saat memberikan sambutannya pada acara peringatan HUT ke-60 LAN, di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Diakuinya bahwa LAN memiliki peran penting dalam mendorong inovasi birokrasi, upaya yang harus terus menerus dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan berkelas dunia. Oleh karena itu Menetri mendorong agar LAN terus berupaya mencari cara agar seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah memiliki kemauan yang tinggi untuk berinovasi.

Salah satu yang mejadi perhatian Menteri Asman adalah sistem pelatihan bagi para pegawai ASN. Ia mencontohkan, ke depan pembicara yang tidak hanya dari Widyaiswara saja, namun juga dari berbagai pihak swasta yang berkompeten, seperti para CEO. Hal tersebut dimaksudkan agar para ASN mendapat pengalaman langsung dari para ahlinya, dengan demikian apa yang telah didapat selama pendidikan dan pelatihan dapat diterapkan di instansi masing masing.

“Saat ini kami (Kementerian PANRB) bersama LAN menerapkan peraturan dimana setiap ASN harus mengikuti pelatihan selama 20 jam dalam setahun. Pengisinya pun tidak hanya dari Widyaiswara saja, namun juga dari para ahli seperti dari para CEO,” katanya. (Men)

 

Comment