Adiknya Berangkatkan Haji Ilegal, Dirgen Kamaruddin Amin Tak Otomatis Bisa Disalahkan

Adiknya Berangkatkan Haji Ilegal, Dirgen Kamaruddin Amin Tak Otomatis Bisa Disalahkan

SHARE

Publik-News.com – Sebanyak 177 WNI ditahan di Filipina saat hendak berhaji via Manila. Mereka menggunakan paspor Filipina. Ada 7 agen travel yang diduga terlibat dalam keberangkatan mereka.

Salah satu travel yang terlibat memberangkatkan jamaah haji tersebut adalah PT Aulad Amin. Pemilik travel tersebut adalah Nasir Amin. Dia adalah adik dari Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Kamaruddin Amin.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid mengatakan, meski PT Aulad Amin ikut terlibat pemberangkatan haji ilegal, namun kesalahan Nasir Amin tidak bisa disangkut pautkan kepada Dirgen Kamaruddin Amin

“Kesalahan adik Dirjen Pendis secara hukum tidak otamatis dapat disertakan apalagi dibebankan kepada Dirjen Pendis,” ujar Sodik kepada Publik-News.com, Rabu (24/8/2016).

Untuk memperkuat argumentasinya, Sodik mengutip ayat Al-Quran. Menurut Sodik, di dalam AL-Quran disebutkan ada prinsip umum yang sangat diketahui oleh setiap orang iIslam bahwa sebelum menajaga orang lain “jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”

“Tampaknya sebagai salah seorang tokoh dan pejabat tinggi agama Dirjen Pendia tidak mengamalkan ajaran dasar Al Quran,” pungkas politisi dari Fraski Partai Gerindra ini.

Sodik menambahkan bahwa selama ini masih lemah pengawasan kepada travel-travel nakal, bahkan travel dari kalangan terdekat sekalipun. Untuk itu, Sodik berujar, sejumlah travel nakal harus diproses dan diberikan tindakan.

“Menag harus memberikan teguran keras kepada Dirjen Pendis yang tidak membina keluarganya untuk mengusung dan mengamanakan kebijakan Kemenag bahkan mencoreng Kemenag dan bangsa,” katanya.

Untuk diketahui, PT Aulad Amin tidak mengantongi izin alias ilegal. Kanor PT Aulad Amin ini berada di kawasan ruko pasar daya modern di Jalan Parumpa Kecamatan Biringkanaya.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment