Agar Tak Langgar UU, Prof Romli Minta Jokowi Perpanjang Plt Sumarsono

Agar Tak Langgar UU, Prof Romli Minta Jokowi Perpanjang Plt Sumarsono

SHARE

Publik-News.com – Guru Besar Hukum Universitas Padjajaran Prof.Dr.Romli Atmasasmita, meminta Presiden Jokowi untuk memperpanjang masa kerja Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

Menurut Romli, perpanjangan jabatan Plt Gubernur DKI ini untuk menegaskan bahwa Presiden patuh terhadap aturan hukum tentang pemerintahan daerah. Romli menilai Ahok saat ini sudah seharusnya dinonaktifkan. Apalagi, Kata Romli, Ahok menjadi terdakwa dalam kasus penistaan agama

“Sebaiknya Plt Gubernur Sumarsono dilanjutkan jabatannya hingga pelantikan Gubernur Jakarta yang baru,” ujar Romli saat dihubungi , Minggu (12/2/2017).

Jika misalanya Presiden tetap bersikukuh tidak memberhentikan Ahok, menurunya, Presiden telah melanggar dua undang-undang sekaligus

“Jika Ahok tetap dilanjutkan sebagai Gubernur Jakarta maka Presiden Jokowi akan melanggar dua undang-undang. Yakni Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Itu bisa berpeluang di-impeachment di DPR RI,” tegas Romli.

Romli juga menyarankan agar Presiden tidak perlu mengeluarkan Perpu apabila ingin mengaktifkan Ahok sebagai Gubernur DKI, karena keputusan itu nantinya bisa digugat.

“Nanti bisa digugat di PTUN, pasti presiden kalah, kan jadi malu sendiri.  Berhentikan saja (Ahok) itu jalan terbaik,” ujarnya. (Fq)

Comments

SHARE