Ahok Cabut Permohonan Banding Karena Takut Didemo?

Ahok Cabut Permohonan Banding Karena Takut Didemo?

SHARE

Publik-News.com – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan untuk mencabut permohonan banding atas vonis 2 tahun penjara dalam kasus penodaan agama. Langkah ini diambil setelah melakukan musyawarah dengan keluarga.

“Beliau sebagai negarawan menurut saya, bersikap yang menurut kami beliau menerima putusan ini. Ya tentunya pertimbangan keluarga. Kami dari tim hukum melihatnya seperti itu, kan kami beberapa kali diskusi. Ini sikap gentleman, sikap ksatria. Beliau siap untuk menerima keputusan tersebut,” kata Salah satu pengacara Ahok, Ronny Talapessy , Senin (22/5/2017) malam.

Menurutnya, salah satu alasan Ahok mencabut permohonan banding ini karena tidak ingin umat islam terganggu melakukan ibadah pada bula puasa. Ia menghawatirkan apabila banding ini dilanjutkan akan ada aksi dari umat islam yang bisa memicu konflik berkepanjangan.

“Ini merupakan bentuk beliau sangat menghormati umat Islam. Beliau tidak ingin jika nanti banding dilanjutkan, ada demo-demo lagi yang bisa mengganggu ibadah umat muslim di bulan Ramadan. Kalau ada seperti itu lagi kan aparat jadi bertugas juga, kan petugas juga ada yang muslim dan berpuasa. Jadi kalau menurut saya, Pak Ahok mencabut banding karena menghormati umat muslim,” tutur Ronny.
Ia membantah jika langkah ini bagian dari strategi. Menurutnya, semuanya berjalan dengan proses hukum yang ada.

“Tidak ada hubungannya untuk memperkeruh suasana, memperkeruh bagaimana. Ini kan masalah hukum kok, Pak Ahok menghormati hukum,” tuturnya.(Fq)

SHARE
Comment