Home Hukum Ahok Gugat Aturan Cuti Kampanye, Pakar Hukum: SK 49 KPU DKI Sah...

Ahok Gugat Aturan Cuti Kampanye, Pakar Hukum: SK 49 KPU DKI Sah Secara Hukum

52

Publik-News.com – Paslon Cagub-Cawagub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat belum menerima adanya keputusan KPU DKI terkait aturan cuti kampanya bagi calon petahana.

Hal ini menyusul tim Ahok-Djarot yang mengajukan gugatan atas keputusan KPU Jakarta Nomor 49/Kpts/KPU-Prov-010/Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis menanggap aturan KPU DKI itu sah dan tidak bisa diganggu gugat. Sebab, kata dia, aturan itu merupakan perintah langsung dari KPU pusat.

“Secara hukum sah,” kata Margarito saat memberi keterangan sebagai saksi dari pihak terkait yaitu pihak cagub-cawagub DKI nomor urut 3, Anies-Sandi di Musyawarah Penyelesaian sengketa pemilijan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 di Bawaslu DKI Jakarta, Jalan Danau Sunter III, Jakarta Utara, Senin (20/3/2017).

Menurut Margianto, apabila nantinya terdapat pihak yang menyatakan aturan KPU DKI itu tidak sah, maka aturan Pilkada DKI putaran pertama juga tidak sah. Margianto berasalan karena dari putaran pertama aturan yang dipakai merupakan aturan KPU DKI

“Mereka punya kewenangan. Kalau tidak punya kewenangan, putaran pertama tidak sah. Begitu pula dengan suara yang diperoleh,” ujar Margarito.(Fq)

Comment