Home Politik Ahok Pertanyakan Wewenang Plt Gubernur Putuskan Anggaran, Soni: Itu Aspirasi Rakyat

Ahok Pertanyakan Wewenang Plt Gubernur Putuskan Anggaran, Soni: Itu Aspirasi Rakyat

Publik-News.com-Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) mengatakan dirinya tidak mempunyai niat untuk mengambil alih keputusan Gubernur DKIsebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengenai usulan kenaikan Biaya Operasional (BOP) RT/RW.

Menurut Soni, Plt Gubernur tidak mempunyai wewenang untuk memutuskan anggaran. Melainkan hanya bisa mengusulkan ke DPRD DKI. Selebihnya tergantung dari kebijakan DPRD DKI apakah akan menerima usulannya tersebut atau tidak

“Saya tidak memutuskan, saya adalah menampung aspirasi masyarakat termasuk RT/RW untuk diusulkan dan dibahas DPRD. Karena hak sebagian itu ada di DPRD mau iya naik, apa enggak,” kata Soni kepada wartawan di Gedung Bank Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Mengenai usulan kenaikan anggaran ini, lanjut Soni, merupakan wewenang DPRD untuk memutuskannya, sehingga Soni menegaskan bahwa ia tidak mempunyai kepentingan apapun perihal usulan kenaikan anggaran tersebut.

“Namanya aspirasi masyarakat posisi saya sebagai pelaksana Gubernur ada aspirasi ya saya salurkan. Saya tidak dalam posisi untuk memutuskan. Kalau DPRD enggak setuju ya enggak usah naik, sederhana saja,” ujarnya.

Apalagi, usulan kenaikan Biaya Operasional (BOP) RT/RW ini sebelumnya sudah disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat sebelum mengambil cuti.

“Pak Djarot penah mengatakan saatnya dinaikkan saya kita tidak ada masalah saya hanya menjalankan ritme kebijakan yang telah disusun sebelumnya yang baik kita lanjutkan yang kurang baik kita luruskan,” tutur Soni.

sebelumnya, Ahok mempertanyakan kewenangan Plt Gubernur DKI yang tiba-tiba memutuskan untuk menaikan Biaya Operasional (BOP) RT/RW. “Itu yang saya minta ke MK. Bagaimana bisa saya yang kerja, saya yang tanggung jawab, kok yang mutusin anggarannya Plt Gubernur,” ujar Ahok

Menurut Ahok, Plt Gubernur hanya menjalankan program dan visi misi Gubernur sebelumnya. Kejadian ini, kata Ahok baru pertama terjadi di DKI. (faruq)

 

Comment