Airlangga Tak Permasalahkan Mendagri Soal Jenderal Polri Jadi PLT Gubernur

Airlangga Tak Permasalahkan Mendagri Soal Jenderal Polri Jadi PLT Gubernur

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto tidak mempermasalahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengangkat Jenderal Polri menjadi Pelaksana Tugas Gubernur. Hal ini dikatakan Airlangga dalam menjawab pertanyaan tentang wacana pengangkatan dua perwira Polri menjadi PLT Gubernur Jawa Barat dan Sumatra Utara.

“Tentu kalau pejabat gubernur kan itu kewenangan Mendagri. Jadi kita serahkan pada Mendagri,” kata Airlangga di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Ia juga tidak mengawatirkan adanya kepentingan tertentu di balik dalam wacana tersebut. Airlangga menyakini bahwa Mendagri sudah memikirkan masak-masak soal Plt dari kalangan Polri.

“Kalau dalam pemilu itu kan harus pertimbangkan konflik of interest. Jadi harapannya tentu Mendagri akan pilih sesuai dengan kewenangannya. Tadi saya katakan itu kewenangan Mendagri,” kata Airlangga.

Namun ia berharap dengan penujukan Plt dari kalangan Polri tidak menimbulkan kegaduhan yang berlarut-larut.

“Pada dasarnya sejauh memenuhi persyaratan perundan-undangan itu sesuai dengan kewenangan Mendagri. Tapi tentu ke depannya pilihan itu tidak menimbulkan konflik of interest,” tandasnya.(Ts/PN).

Comment