Akom Janji Terapkan Pembatasan Kunker Luar Negeri Bagi Anggota DPR

Akom Janji Terapkan Pembatasan Kunker Luar Negeri Bagi Anggota DPR

SHARE

Publik-News.com – Ketua DPR Ade Komarudin menegaskan pihaknya akan melakukan pembatasan program kunjungan ke luar negeri bagi anggota dewan. Tujuannya, demi pencamaian target penghematan anggaran yang dimiliki lembaga yang dipimpinnya.

“Dari kebijakan ini, dewan berhasil menghemat anggaran negara sebesar Rp. 134 miliar,” ujar Ade saat penyampaian laporan kinerja DPR di ruang rapat Paripurna, lantai III gedung Nusantara II DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Mantan ketua fraksi Golkar ini mengungkapkan kebijakan tersebut diambil sebagai sikap penunjukan DPR dalam melihat kondisi ekonomi nasional yang belum membaik. Ia mengatakan keputusan tersebut diambil melalui kesepakatan pihaknya bersama-sama dengan seluruh fraksi di DPR.

Akom juga menyatakan pihaknya sejauh ini telah berusaha melaksanakan penyelenggaraan kerja DPR secara transparan. Hal itu dibuktikan dengan penunjukan rapat-rapat DPR yang membahas anggaran selalu dilakukan dengan terbuka.

Hanya saja, Akom mengakui masih terdapat kelemahan DPR dalam melaksanakan proses pengawasan terhadap kinerja pemerintahan. Terutama, kata dia, dalam hal pendalaman evaluasi atas pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran negara oleh pemerintah.

“DPR sedang melakukan evaluasi kapasitas daya dukung yang ada, untuk melakukan kajian kritis atas kualitas anggaran yang diajukan pemerintah,” ungkapnya.(Ahmad)

SHARE
Comment