Home Agama Alasan 200 Orang Suku Wanna Masuk Islam Karena Ingin Tenang dan Damai

Alasan 200 Orang Suku Wanna Masuk Islam Karena Ingin Tenang dan Damai

Publik-News.com – Selama ini warga suku Wanna tinggal di pegunungan. Letaknya berada di desa Opo Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Provonsi Sulawesi Tengah. Mereka sesekali turun dari gunung, beriteraksi dengan warga yang berada di desa tersebut.

Mereka tiba-tiba diberi petunjuk dan hidayah oleh Allah SWT untuk menjadi orang mualaf. Ada sekitar 200 orang Suku Wanna yang memeluk agama Islam. Sebelum membaca dua kalimat syahadat di Masjid, mereka terlebih dahulu dimandikan di sungai secara bersama-sama.

Ketua Devisi Program Marketing dan Pendayagunaan Yayasan Hidayatullah, Abdul Muin, menceritakan hal-ihkwal mereka menjadi muallaf. Kata Muin, warga suku Wanna mengagumi warga di desa Opo yang menjalani kehidupan cukup tenang, nyaman, dan damai.

“Ini kan ceritanya masyarakat menginformasikan pada waktu Ramadhan itu turun gunung, warga muslim ada di bawah kehiduapannya tenang, damai, terus mereka tertarik kenapa mereka damai, terus ngobrol-ngobrol dengan kita, gimana caranya agar sama dengan mereka, ya masuk islam. Terus diajarkan oleh da’i kita,” ujar Muin.

Hal tersebut dikatakan Muin saat dihubungi Publik-News.com, Selasa (13/12/2016). Muin menceritakan 200 an orang suku Wanna itu berjalan kaki dari tempat tinggalnya selama delapan belas jam untuk mengingkarkan dua kalimat syahadat.

“Sekitar 18 jam menuju tempat pembacaan sahadat, menggunakan jalan kaki. Mereka dimandikan di sungai, setelah proses mandi, mereka ganti baju muslim, perempuan gunakan mukenah, dan laki-laki menggunakan baju muslim, dan diarahkan ke masjid untuk baca sahadat,” katanya. (HR)

Comment