Alasan Keamanan, Ahok Batal Dipindah Ke Lapas Cipinang

Alasan Keamanan, Ahok Batal Dipindah Ke Lapas Cipinang

SHARE

Publik-News.com – Terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) batal dipindah ke Lapas Cipinan. Ahok akhirnya kembali menjalani masa hukuman penjara di Rutan Mako Brimob Depok.

Menkum HAM Yasonna H Laoly menegaskan tidak dipindahnya Ahok ke Lapas Cipinang karena alasan keamanan.

“Ini alasan keamanan, bukan mengistimewakan,” kata Laoly saat dihubungi, Kamis (22/6/2017).

Hal lainnya, kata Laoly  tidak pindahnya Ahok ini karena kondisi sel yang ditempati narapidana lainnya. Selain itu, di Cipinang sudah tidak bisa menampung karena melebihi daya kapasita.

“Di sana ada napi teroris, over kapasitas tinggi. Kita berpikir dari segi keamanan, setelah dieksekusi jaksa kita tetap rekomendasi ke Mako Brimob untuk keamanan,” sambungnya.

“Kita lebih baik preventif daripada terjadi sesuatu. Bukan soal istimewa atau tidak istimewa. Ada juga beberapa (napi) yang ditempatkan di Mako Brimob. Karenanya kita tempatkan yang kita rasa (lokasinya) aman karena kasus ini menjadi perhatian,” imbuhnya.

Sebelumnya, Eksekusi Ahok secara administratif dilakukan di Mako Brimbo, Rabu (21/6) kemarin. Namun, pihak Lapas Cipinang menyurati Mako Brimob untuk menempatkan Ahok sementara waktu dalam menjalani masa hukuman. (Fq)

SHARE
Comment