Alasan Politisi PDIP Ingin Bamsoet Jadi Ketua DPR

Alasan Politisi PDIP Ingin Bamsoet Jadi Ketua DPR

SHARE

Publik-News.com – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Eddy Wijaya menilai politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet mumpuni menggantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI.

“Beliau orangnya berkualitas, berintegrasi dan negarawan,” kata Eddy di Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Eddy menuturkan pergantian Ketua DPR RI merupakan kewenangan Partai Golkar namun disarankan politisi yang akan menempati posisi itu harus berjiwa negarawan dan bijak.

Eddy menyatakan Bamsoet sebagai Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR RI kerap mengambil keputusan yang menampung aspirasi seluruh anggota fraksi.

Bamsoet juga memiliki kepribadian yang dewasa dan tidak memaksakan kehendak pribadi saat mengambil keputusan selama memimpin Komisi III DPR RI.

Eddy mengaku mengenal baik sosok Bamsoet yang jauh dari penilaian sebagai penguasa dalam memimpin pada parlemen lantaran pernah menjadi rekan sebagai anggota Komisi III DPR RI.

“Kalau (anggota Fraksi Golkar) yang lain saya tidak tahu,” ungkap Eddy.

Eddy menegaskan anggota fraksi lain tidak dapat mencampuri urusan penunjukan calon Ketua DPR RI karena kewenangan Golkar sesuai Undang-Undang MD3.

Selain Bamsoet, Eddy juga menyebut nama Agus Gumiwang yang dianggap pantas menggantikan posisi yang ditinggalkan Setya Novanto akibat diduga terlibat kasus korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. (Ant/PN)

SHARE
Comment