Alhamdulillah, KH. As’ad Syamsul Arifin Segera Menyandang Galar Pahlawan Nasional

Alhamdulillah, KH. As’ad Syamsul Arifin Segera Menyandang Galar Pahlawan Nasional

SHARE

Publik-News.com – Jika tak ada aral melintang, dalam waktu tak terlalu lama, almarhum Kiai As’ad Syamsul Arifin akan mendapat gelar pahlawan nasional. Menurut Sekretaris “Napak Tilas Nasional 2016, Sejarah Perjuangan Pengusiran Penjajah Jepang di Curah Damar” H. Misbahus Salam, proses pengajuan gelar pahlawan untuk Kiai As’ad sudah berlangsung cukup lama, bersamaan dengan pengusulan Letkol Moch. Sroeji.

Dikatakannya, tahapan pengusulan Kiai As’ad sebagai pahlawan nasional mulai dari tingkat kabupaten (Situbondo), Provinsi Jawa Timur hingga Kementerian Sosial RI, berjalan lancar.

“Di situ (Kementerian Sosial RI) sudah diseminarkan, dan lolos. Sekarang tinggal tahapan di Dewan Gelar Kepahlawanan. Hasil dari Dewan Gelar Kepahlawanan, lalu disampaikan kepada Presiden. Tinggal sedikit lagi,” katanya di rumahnya, kompleks Yayasan Raudlah Darus Salam di Sukorejo, Bangsalsari, Jember, Jumat (7/10).

Ia menambahkan, delegasi Dewan Gelar sudah turun ke Situbondo, Bondowoso, Jember yang notabene menjadi tempat dan rute perjuangan Kiai As’ad dalam mengusir penjajah. Kiai As’ad, katanya, memang layak mendapat gelar pahlawan nasional. Sebab, kontribusinya terhadap bangsa dan negara, khususnya dalam kegigihannya mengusir penjajah, sungguh besar.

Sebagai Komandan Hizbulloh Kawasan Timur Indonesia, tambahnya, Kiai As’ad terus berikhtiar menggelorakan semangat segenap masyarakat untuk melawan kesewenang-wenangan penjajah. Tidak hanya memberi semangat, tapi murid Syaikhona Cholil Bangkalan ini juga turun langsung di medan tempur memimpin pejuang. “Beliau sangat besar jasanya, dan sudah selayaknya kita dan pemerintah memberikan penghargaan,” ucapnya.

Untuk mengenang jasa Kiai As’ad, masyarakat akan menghelat napak tilas perjuangannya pada 9-10 November 2016 di Jember. Tahun lalu, napak tilas perjuangan Kiai As’ad juga digelar Kabupaten Bondowoso
Sumber: NU

SHARE
Comment