Alumni Ponpes Annuqayah Gelar Kirab Budaya Peringati Hari Santri

Alumni Ponpes Annuqayah Gelar Kirab Budaya Peringati Hari Santri

SHARE

Publik-News.com – Puluhan orang yang tergabung dalam Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Jogjakarta kembali melakukan aksi Kirab Budaya dalam rangka peringati Hari Santri Nasional, Jumat malam (21/10/2016).

Kirab Budaya yang dimulai dengan aksi konvoi dari Multi Porpuse ke Tugu Jogja ini sudah kali kedua dilaksanakan oleh IAA.

“IAA memang konsisten selenggarakan kegiatan untuk menyemarakkan Hari Santri ini, sejak disahkan 2015 lalu oleh presiden,” ungkap Mohammad Amirullah, koordinator lapangan.

Kirab Budaya yg bertajuk Doa Untuk Negeri, Dari Santri Untuk NKRI ini diisi dengan orasi budaya, tahlil, shalawat, dan ditutup dengan doa bersama.

“Kami kira, kegiatan semacam ini harus terus dilakukan. Momentumnya jelas, untuk terus menggelorakan ghirah kesantrian”, sebut Jaelani saat menyampaikan orasinya.

Dalam orasinya sekitar 30 menit itu, Jaelani juga menyampaikan, bahwa kegiatan Kirab Budaya ini juga untuk kembali mengingat pesan jihad yg diperintahkan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari silam waktu di Surabaya. Menurut Jaelani, September hingga Desember 1945 membuktikan sumbangsih kiai-santri untuk mempertahankan NKRI.

“Kita tidak harus menjadi Harun yg dengan gagah rela meregang nyawa untuk membasmi koloni Mallaby. Jihad kesantrian hari ini bukan lagi soal perang, tetapi usaha untuk menjaga kesatuan kebangsaan yg santun dan tidak terpecah-belah”, ungkapnya.

Ketua Umum IAA Jogja, Zainur Ridlo, juga berharap, kegiatan Kirab Budaya ini menjadi inspirasi kalangan santri di Nusantara.

“Semoga kegiatan ini bernilai. Semoga tidak hanya serimoni, dan bisa menginspirasi semua pihak, terutama santri di seluruh daerah di Indonesia,” pungkasnya yang kemudian ditutup Ikrar Santri.
(Taufik)

SHARE
Comment