Home Politik Amien Rais Dorong Pembentukan Tim Khusus Penolak Reklamasi Teluk Jakarta

Amien Rais Dorong Pembentukan Tim Khusus Penolak Reklamasi Teluk Jakarta

Publik-News.com – Amien Rais, mantan Ketua MPR RI menjadi salah satu pembicara diskusi bertajuk “Setop Reklamasi Teluk Jakarta” yang digelar Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Dihadapan peserta diskusi, Amien minta Indonesian Resources Studies (IRESS) membentuk tim khusus untuk menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lembaga IRESS ini dipimpin Marwan Batubara.

Jika tim tersebut, kata Amien, bisa melibatkan sejumlah tokoh Institut Teknologi Bandung (ITB) maupun para nelayan yang terdampak akibat reklamasi Teluk Jakarta tersebut.

“Jadi, tim ini (IRESS cs) nanti harus ketemu Jokowi. Pak Jokowi di tengah kesibukannya blusukan, kami akan blusukan ke Istana,” kata Amien.

Menurut Amien, jika ketemu Jokowi tim khusus tersebut akan membahas penolakan reklamasi Teluk Jakarta. Menurut Amien, tim ini harus ketemu langsung dengan Jokowi ketimbang bertemu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

“Pak Jokowi pusat kekuasaan. LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) cuma kepanjangan tangan dan penyambung lidah Jokowi. Jadi, tim ini (IRESS cs) nanti harus ketemu Jokowi,” pungkasnya.

Menurutnya, sejumlah masukan yang akan disampaikan kepada Presiden Jokowi akan diketik rapi agar tidak terjadi kesalahan persepsi. “Pokoknya (isinya) hentikan reklamasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Amien menegaskan pihak-pihak yang ngotot ingin melanjutkan proyek reklamasi harus diseret ke pengadilan lantaran menyalahgunakan kekuasaan (abuse of power). “Ini abuse of power. Siapa itu? Nanti akan ketemu,” tukas Amien. (Ts/PN).

 

 

 

Comment