Aneh, Kasus di Pamekasan Uang Sogoknya Lebih Besar Dari Pada Korupsinya

Aneh, Kasus di Pamekasan Uang Sogoknya Lebih Besar Dari Pada Korupsinya

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan guyonannya terkait korupsi dana desa di Desa Dassok yang melibatkan Bupati Pamekasan. Cak Imin menganggap aneh uang yang dikorupsi lebih sedikit dari pada uang yang diberikan.

“Pamekasan itu korupsinya Rp 100 juta, nyogoknya Rp 250 juta, kan gila itu. Dikira Rp 250 juta itu selamet, sudah bayar Rp 250 juta, nggak selamet lagi,” seloroh Cak Imin di The Acacia Hotel, Jl Kramat, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Cak imin mengingatkan korupsi dana desa itu uangnya panas. Untuk itu, Cak Imin mengimbau kepala desa betul-betul menjaga amanahnya agar tak tersandung kasus korupsi.

“Ada dua hal, saya ingatkan ke kepala desa. Ingat, itu uang panas, uang punya rakyat, itu uang tak boleh disentuh satu rupiah pun karena tujuan kita membuat UU yang menyalurkan uang rakyat itu bisa dinikmati langsung oleh rakyat, baik melalui kegiatan ekonomi, kegiatan infrastruktur,” kata Cak Imin.

Cak Imin kemudian menyinggung perihal semangat pembentukan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2016 tentang Desa yang diharapkan agar ada pemerataan dalam pembangunan desa.

Namun, melihat kejadian kasus korupsi dana desa di Pamekasan Cak Imin merasa miris. Ia berharap kedepannya dana desa bisa digunakan sebaik mungkin untuk pembangunan desa.

“Dulu saya dan PKB menyusun UU Desa dengan harapan pemerataan pembangunan di desa biar cepat berlangsung. Makanya UU ini kita ketok, waktu itu saya masih pimpinan DPR, lalu kita susun kementerian baru, Kemendes dengan harapan APBN anggaran negara langsung digunakan di desa. Kita masih lupa satu hal, kades ini sumber daya manusianya masih terbatas,” jelas mantan Menakertrans itu.

“Siapapun yang mengganggu uang rakyat, dan itu tidak melalui siapa-siapa, uang itu dari Kemenkeu langsung ke desa, tak boleh tersentuh siapapun di tingkat pusat. Maka, uang itu harus betul-betul transparan dalam penggumaannya,” imbuh Cak Imin.(Fq)

 

 

 

SHARE
Comment