Anggota DPD: HMI Bukan Aktor Kericuhan Demo 4 November

Anggota DPD: HMI Bukan Aktor Kericuhan Demo 4 November

SHARE

Publik-News.com-Sejumlah kader HMI yang ditangkap kemudian dijadikan tersangka oleh aparat kepolisian mengudang banyak perhatian dari publik. Termasuk dari anggota DPD RI, AM Fatwa.

Menurut Fatwa,  dengan adanya insiden seperti ini malah akan menimbulkan masalah yang semakin rumit. Dia mempertanyakan apakah dengan menangkap kader HMI sebagai bukti awal mengungkap  aktor dibalik kericuhan demo 4 november. HMI itu organisasi kemahasiswaan, tidak ada sangkut pautnya dengan politik

“Hal ini menunjukkan aksi solidaritas yang bisa berkembang luas dan pada akhirnya menyulitkan Presiden Jokowi sendiri, dan menambah permasalahan baru,” tutur Fatwa, Rabu (9/11/2016).

Fatwa menilai polisi ketika melakukan penangkapan  harus mempertimbangkan titik permasalahannya seperti apa. Jangan langsung asal tangkap kemudian pemuda yang akan menjadi penerus bangsa ini dijadikan tersangka.

Lebih lanjut Fatwa mengatakan tindakan kepolisian ini justru mencerminkan seolah mahasiswa itu adalah dalang dari kericuhan demo 4 november. Mereka itu masih perlu bimbingan tidak perlu disikapi secara berlebihan. Kita tidak mau negara ini kembali menjadi menjadi otoriter.

“Tindakan ini mengingatkan kita pada cara-cara penangkapan aparat intelijen terhadap para aktivis di masa otoriter orde baru,” kata Fatwa (faruq)

 

SHARE
Comment