Anies Anggap Relokasi Bukanlah Solusi Atasi Kemiskinan DKI

Anies Anggap Relokasi Bukanlah Solusi Atasi Kemiskinan DKI

SHARE

Publik-News.com – Calon Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut relokasi yang selama ini menjadi program pemerintah DKI untuk mengurangi jumlah orang miskin tidaklah tepat.

Justru, lanjut Anies, kalau relokasi ini terus dibiarkan tanpa adanya evaluasi maka sebetulnya itu sudah menambah persoalan baru bagi DKI.

“Relokasi mungkin bisa mengurangi orang miskin karena dipindahkan. Namun, yang harus dilakukan adalah mengurangi kemiskinan, bukan mengurangi orang miskin,” kata Anies di Gelanggang Olahraga Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017).
Relokasi ini, menurut Anies sebetulnya telah menghilangkan sejarah warga yang telah tinggal di lokasi itu yang telah tinggal hingga puluhan tahun.

Seharusnya, kata Anies, pemerintah DKI lebih memperhatikan warga setempat yang direlokasi bahwa mereka sudah tinggal di sana bahkan ada yang sebelum kemerdekaan. Hal ini bisa memutus regenerasi.

“Itu yang sulit dijelaskan karena mereka sudah tinggal lama di kawasan itu, bahkan beberapa menyatakan ayah atau kakeknya termasuk orang-orang yang pertama tinggal di daerah itu. Sebelumnya, daerah itu masih tanah kosong,” tuturnya.

 

SHARE