Anies Selidiki Masalah Pungli di Tanah Abang

Anies Selidiki Masalah Pungli di Tanah Abang

SHARE

Publik-News.com – Gubernur DKI Anies Baswedan menanggapi dugaan adanya oknum pejabat Pemprov yang melakukan jual beli tenda pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang, Jakpus.

Anies memastikan, pihaknya akan segera menyelidikinya terlebih dahulu. Jika betul, dia mengaku akan memberi sanksi tegas kepada setiap kepala dinas atau kepala satuan yang tidak mampu membina anak buahnya.

“Nanti kita selidiki dulu. Kalau ada, kita tindak. Pasti kita tindak,” ucap Anies di Gedung Teknis Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2018).

Anies bahkan menceritakan, selama memimpin Jakarta dirinya juga sudah beberapa kali memberi sanksi kepada kepala dinas atau kepala satuan di lingkungan Pemprov DKI.

Hanya saja, diakuinya, hal itu tidak pernah dipublikasi dengan alasan tak ingin mempermalukan orang lain di hadapan umum.

“Saya itu sudah banyak beri sanksi, tapi nggak saya informasikan (ke publik). Kenapa? Karena saya tidak ingin mempermalukan orang. Kenapa saya beri sanksi? Karena saya atasannya dan saya harus mendidik mereka, mendisiplinkan mereka, tapi bukan berarti harus dipermalukan di depan umum. Jadi kalau anda cek kepala-kepalanya, banyak yang udah saya geser,” ungkap Anies.

Mantan Mendikbud itu menceritakan, sanksi yang diberikannya berupa rotasi sampai pembinaan. Hal itu dirasanya penting sebab dia ingin ada perubahan perilaku apabila ada hal di lapangan yang menyimpang.

“Kenapa saya beri tindakan? Karena yang penting perubahan perilakunya, bukan gubernurnya kelihatan heroik karena mecatin orang, tapi justru pada tindakan itu. Coba lihat di Dishub, silahkan cek,” bebernya.

Anies menilai, tindakan tegas itu sebagai peringatan agar sebagai seorang pemimpin harus mampu membina bawahannya. Sebab itu adalah tanggung jawab seorang pemimpin.

“Jadi atasan yang bertanggung jawab bukan gubernur. Atasan mereka semua harus bisa membina kalau sampai ada anak buah melakukan penyimpangan. Atasannya harus mendisiplinkan tanggung jawabnya gitu,” pungkas dia. (Ts/PN)

Comment