Antisipasi Tenaga Kerja Asing Salahgunakan Visa, Menaker Tingkatkan Koordinasi dengan Imigrasi

Antisipasi Tenaga Kerja Asing Salahgunakan Visa, Menaker Tingkatkan Koordinasi dengan Imigrasi

SHARE

Publik-News.com – Menteri Tenaga Kerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengaku akan meningkatkan koordinasi dengan pihak imigrasi untuk mengantisipasi penyalahgunaan visa kunjungan wisata yang kemugkinan dipergunakan Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk bekerja di Indonesia.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi untuk mencegah masuknya tenaga kerja kasar asing ke Indonesia,” ujar Hanif seperti dilansir laman resmi Setgab pada (24/7/2016) kemarin.

Hanif berjanji akan terus memonitor kondisi di lapangan agar tidak ‘kecolongan’ dalam mengatasi pelanggaran visa bebas kunjungan wisata untuk digunakan TKA bekerja. Dikatakan Hanif, masuknya tenaga kerja asing di Indonesia bisa terjadi karena dua hal. Pertama, visa. Kedua, izin.

“Kalau yang ditemukan di lapangan ya karena dua itu. Mereka masuk lewat visa turis atau adanya pelanggaran perizinan seperti kasus kereta cepat di Halim itu, mereka bilangnya manajer tetapi ternyata kok melakukan pekerjaan kasar,” kata Hanif.

Lebih jauh, politisi dari Partai kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan bahwa saat ini Kementerian yang dipimpinnya terus memantau dilapangan supaya tidak kecolongan dalam mengatasi pelanggaran perizinan seperti kasus di Halim.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment