Apa Yang Dibicarakan Menhan RI dengan Dubes Korsel?

Apa Yang Dibicarakan Menhan RI dengan Dubes Korsel?

SHARE

Publik-News.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Korea Selatan untuk Indonesia H.E. Mr. Taiyoung Cho, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Senin (25/9/2017).

Beberapa hal dibicarakan dalam kunjungan kali ini yakni terkait kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Korea Selatan khususnya di bidang industri pertahanan yang sudah berjalan baik dan mencapai kemajuan pada tingkat yang lebih tinggi.

“Kami sangat senang karena Indonesia dan Korea Selatan bisa menjalin hubungan yang erat dan baik di berbagai bidang, khususnya di bidang industri pertahanan”, ungkap Dubes Korea Selatan untuk Indonesia saat diterima Menhan RI.

Disampaikan Dubes Korea Selatan, sejauh ini kedua negara telah menjajaki hubungan kerjasama di bidang industri petahanan yang lebih erat dari hubungan jual beli menjadi kerjasama produksi bersama.

Menurutnya, Korea Selatan dan Indonesia memiliki skala kekuatan yang sejajar dan bisa menjadi mitra yang penting. “Indonesia dan Korsel adalah kekuatan negara menengah. Oleh karena itu, kedua negara perlu saling memandang sebagai mitra strategis”, tambahnya.

Dubes Korea Selatan berpandangan bahwa menjalin hubungan berdasarkan win win solution adalah sangat penting. Hal itu yang juga telah dilakukan dalam hubungan kerjasama antara Indonesia dan Kerea Selatan yang berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan membutuhkan.

Lebih lanjut diungkapkannya bahwa Korea Selatan dibawah kepemimpinan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang belum lama ini dilantik, akan lebih meningkatkan lagi hubungan kerjasama dengan negara – negara ASEAN terlebih khususnya Indonesia. Kebijakan Korea Selatan saat ini memandang dan mensejajarkan ASEAN sebagai mitra penting, disamping mitra lainnya empat kekuatan negara besar.

Menanggapi Dubes Korea Selatan, Menhan RI dalam kesempatan tersebut juga berharap kerjasama pertahanan Indonesia dan Korea Selatan yang telah berjalan baik dapat terus ditingkatkan. Hubungan baik tersebut harus sama-sama terus dijaga oleh kedua belah pihak khususnya oleh pemerintah dari masing -masing kedua negara.

Sementara itu terkait dengan kebijakan Korea Selatan saat ini yang menempatkan negara-negara ASEAN sebagai mitra pentingnya, Menhan RI berpendapat hal tersebut akan lebih mempererat lagi hubungan kerjasama Korea Selatan tidak hanya dengan Indonesia tetapi juga dengan negara – negara ASEAN lainnya. (Men)

Comment