Asap Merajalela, 300 KK di Riau Diungsikan

Asap Merajalela, 300 KK di Riau Diungsikan

SHARE
KEBAKARAN HUTAN RIAU

Publik-News.com – Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Bengkalis, propinsi Riau membuat sejumlah masyarakat mendapatkan dampaknya. Asap kebakaran semakin merajalela, menyebar hingga meluas ke area pemukiman di sekitar hutan.

Akibatnya, setidaknya terdapat 300 kepala keluarga di kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir dan Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis harus diungsikan pada Sabtu (27/8/20016).

“Kabut asap di wilayah tersebut cukup pekat hingga warga harus segera dievakuasi,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Sabtu (28/8/2016).

Guntur menambahkan masyarakat yang diungsikan terdiri dari petani yang bekerja di lahan sawit milik perusahaan swasta yang berada di sekitar areal hutan yang terbakar. Guntur mengatakan pihaknya bersama jajaran kepolisian setempat terlibat langsung dalam membantu proses pengungsian.

“Kita juga membagikan masker gratis kepada masyarakat,” ungkapnya.

Guntur mengungkapkan persebaran asap mengalami perluasan sejak Sabtu (27/8/2016). Selain karena api kebakaran yang semakin besar, menurutnya, terjadi angin kencang yang membuat asap menembus kawasan perkampungan penduduk.

“Untuk sementara mereka kita ungsikan dahulu. Informasi selanjutnya akan kita informasikan kembali,” ucapnya.(Ahmad)

SHARE
Comment