Asing Diperbolekan Kelola Pulau, Pengamat : Mereka Bisa Masukkan Idelogi Radikal

Asing Diperbolekan Kelola Pulau, Pengamat : Mereka Bisa Masukkan Idelogi Radikal

SHARE

Publik-News.com – Pengamat militer Susaningtyas Kertopati meminta supaya pemerintah mengurungkan niatnya untuk membuka peluang kepada asing untuk melakukan investasi mengelola pulau di Indonesia.

Nuning, panggilan akrabnya berpendapat apabila pemerintah benar-benar mengijinkan asing mengelola pulau di Indonesia, dihawatirkan mereka akan melakukan infiltrasi, yakni berupa memasukkan ideologi radikal dan terorisme serta serangan cyber war.

“Saya memandang dari sisi pertahanan dan keamanan (Hankam) dan intelijen, bahwa benar kita butuh investor luar tapi tetap harus waspada jangan sampai dengan alasan investasi mereka lakukan infiltrasi modern bukan dengan perang konvensional tapi dengan¬†proxy war,” kata mantan anggota DPR RI dari partai Hanura ini, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

“Makanya pemerintah harus secara holistik melakukan investigasi terhadap calon investor,” imbuhnya.

Nuning berharap agar pemerintah memikirkan jaka panjang jika asing bisa kelola pulau di Indonesia. apalagi, kata Nuning mereka diberikan hak untuk memberi nama pulau  sesuai dengan keinginannya.

“Pemberian nama pulau oleh investor asing tentu tak sesederhana kita memberi nama anak kita,” sindir dia.
sebelumnya, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mempersilahkan pihak asing apabila ingin berinvestasi mengelola pulau yang ada di Indonesia. (fq)

Comments