Asrul Sebut Napi Korupsi Punya Hak Ajukan Uji Materi di MK

Asrul Sebut Napi Korupsi Punya Hak Ajukan Uji Materi di MK

SHARE

Publik-News.com – Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyebut narapidana tindak pidana korupsi mempunyai hak mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mengingat, banyaknya napi saat ini mengajukan gugatan UU Pemasyarakatan ke MK.

“Mengajukan uji materi atas UU atau pasal yang menjadi bagian dari suatu UU adalah hak warga negara, siapa pun dia. Jadi para narapidana pun punya hak untuk itu,” ujar politisi PPP itu saat dihubungi di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Menurutnya, dalam UU MK maupun hukum acara tidak menghilangkan hak dari napi untuk mengajukan uji materi atas suatu undang-undang.

“Yang penting mereka bisa membuktikan kerugian atau potensi kerugian konstitusionalnya. Demikian juga tidak pernah ada putusan pengadilan yang mencabut hak tersebut,” kata Sekjen DPP PPP itu.

“Yang sering diputuskan hakim sebagai pidana tambahan kan pencabutan hak politik untuk dipilih dalam jabatan publik, bukan hak hukum mempersoalkan UU atau pasal UU via uji material di MK,” sambung Arsul.

Seperti diketahui, hari ini sejumlah napi korupsi seperti Irman Gusman, OC Kaligis, Barnabas Suebu, Waryono Karno, Surya Dharma Ali, direncanakan akan mengikuti sidang perdana uji materi di MK terkait aturan remisi. (Fq)

SHARE
Comment