Astaga, Sapi Kurban Jokowi di Yogyakarta Ada Cacing Hatinya

Astaga, Sapi Kurban Jokowi di Yogyakarta Ada Cacing Hatinya

SHARE

Publik-News.com – Sapi kurban dari Presiden Jokowi di Dusun Bodowaloh, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta ditemukan mengandung cacing hati. Petugas kemudian meminta warga untuk menguburkan hati yang ada cacingnya itu.

Ditamukannya cacing hati ini saat petugas kesehatan memeriksa hati bagian luar dan membelahnya. Saat dibelah kemudian keluar cacing.

Petugas kesehatan dari Puskeswan Pundong, drh Sri Rahayu mengatakan adanya cacing itu bisa disebabkan hati sapi terkena fasciolosis, atau hati yang terserang fasciola hepaticia.

“Jika di konsumsi bisa menyebabkan keracunan. Seperti muntah, mual, diare. Maka kami minta untuk di kubur,” kata Sri Rahayu di lokasi penyembelihan, Jumat(1/9/2017).

Menurutnya, hati yang terkena cacing itu jaringannya sudah rusak. Hampir semua hati sudah mengalami perubahan.

“Warna merah hati sudah putih-putih, dipegang keras, di dalam banyak pasir, lendir, kalau dibelah dilorong-lorong keluar cacing,” ungkap Sri Rahayu.

Sementara daging dan organ lainnya aman untuk dikonsumsi. Daging kurban dari Jokowi itu tetap dibagikan ke masyarakat.

Untuk diketahui, daging kurban dari Jokowi itu dibeli oleh tim dari Pemda DIY dari petani di Kecamatan Cangkringan, Sleman dengan harga Rp 45 juta. (Fq)

SHARE
Comment