Bamsoet Desak Pemerintah Umumkan Kriteria Ormas Anti-Pancasila

Bamsoet Desak Pemerintah Umumkan Kriteria Ormas Anti-Pancasila

SHARE

Publik-News.com – Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo mendesak pemerintah mengumumkan kriteria yang jelas dalam menilai dan menetapkan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang bertentangan dengan Pancasila.

“Kejelasan kriteria itu sangat penting untuk mendorong semua Ormas melakukan introspeksi,” ujar Bambang, Minggu (7/5/2017).

Bamsoet — panggilan akrab Bambang Soesatyo juga menambahkan bahwa rencana pemerintah membubarkan Ormas anti-Pancasila harus dilandasi sikap yang penuh kebijaksanaan, dan juga harus transparan. Karena itu, kata dia, sebelum membubarkan Ormas dimaksud, pemerintah perlu menyosialisasikan kriteria tentang Ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

“Pemerintah pun sebaiknya memanggil pengurus Ormas yang dicurigai bertentangan dengan Pancasila. Pemerintah perlu membuka dialog sebelum memulai pembubaran Ormas. Berikan kesempatan kepada Ormas-Ormas untuk meluruskan orientasi dan pandangan mereka seturut nilai-nilai dasar Pancasila,” pungkasnya.

Bamsoet menegaskan bahwa bagaimana pun, isu tentang Ormas anti-Pancasila bisa menjadi sangat sensitif, jika ada pihak yang coba mengaitkannya dengan agama tertentu. Masalah ini harus diperhitungkan dengan matang oleh pemerintah, agar umat beragama tidak lagi terkotak-kotak.

“Karena itu, pemerintah harus juga memperhitungkan risiko atau akibat yang akan muncul, ketika rencana membubarkan Ormas anti-Pancasila mulai dilaksanakan. Seperti diketahui, Menko Polhukam Wiranto menegaskan ormas-ormas yang bertentangan dengan Pancasila akan dibubarkan,” katanya.

Lebih lanjut, polisiti dari Fraksi Partai Golkar kni menambahkan bahwa Komisi III DPR berharap rencana pemerintah itu tidak menimbulkan kegaduhan baru dan gangguan serius terhadap aspek keamanan dan ketertiban umum. (HR).

SHARE
Comment