Banding Jaksa di Vonis Ahok, Pengamat: Di Luar Akal Sehat

Banding Jaksa di Vonis Ahok, Pengamat: Di Luar Akal Sehat

SHARE

Publik-News.com – Pengamat hukum pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar mempertanyakan logikan hukum Jaksa Penuntut Umum yang mengajukan banding atas vonis Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sebab, keputusan hakim sudah sesuai dengan dakwaan yang dibuat jaksa.

“Ketika pengadilan atau Majelis Hakim memutuskan sesusai dakwaannya kok banding? Ini logika hukum macam apa kalau tidak ada kepentingan lain?” Kata Fickar, Selasa (16/5/2017).

Fickar menyebut  jika jaksa berkeyakinan Ahok hanya melanggar pasal 156 KUHP tentang penistaan terhadap golongan, mestinya dakwaanya tunggal saja. herannya, jaksa juga mencamtumkam pasal 156a tentang Penodaan Agama.

Fikckar menilai banding yang dilakukan jaksa  hanyalah buntut kepanikan dari Jaksa Agung, M Prasetyo karena yang ia harapkan benbanding terbalik dengan putusan hakim.
“Jaksa Agung sepertinya kebakaran jenggot memerintahkan untuk banding dengan alasan SOP. Ini logika hukum macam apa? Dan benar benar melawan akal sehat,” ucap Fickar.(Fq)

 

SHARE
Comment