BangJapar Indonesia Tolak Artis Korea Tampil Pada Acara HUT Kemerdekaan RI ke-72

BangJapar Indonesia Tolak Artis Korea Tampil Pada Acara HUT Kemerdekaan RI ke-72

SHARE

Publik-News.com – Kebangkitan Jawara Pengacara Indonesia (BangJapar Indonesia) menolak secara tegas perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 dimeriahkan oleh Artis top Korea.

Ketua Bidang Seni dan Budaya BangJaparIndonesia Musa Dadap, mengatakan potensi kekayaan seni dan budaya Nusantara akan semakin tercampakkan jika artis Korea ini menghibur acara bertajuk Countdown Asian Games ke-18 tahun 2018 tersebut.

“Bahwa di tengah lesunya peran sanggar seni dan budaya nusantara, maka menghadirkan artis-artis korea dalam rangkaian perayaan kemerdekaan adalah sebuah sikap yang mencampakkan potensi kekayaan seni dan budaya nusantara,” ujar Musa dalam siaran persnya, Senin (31/7/2017).

Menurut Musa, pemerintah mestinya mengundang ke senian dari daerah. Hal ini selain untuk menujukkan semangat perawatan dan pelestarian kesenian, juga untuk mempromosikan kesenian daerah dalam perayaan HUT ke-72 Indonesia ini.

“Justru dengan Indonesia sebagai Tuan Rumah dan sekaligus sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan Indonesia, mestinya yang harus ditampilkan adalah kekayaan kesenian daerah nusantara yang begitu kaya,” pungkasnya.

Musa menambahkan bahwa Bang Japar Indonesia juga mendesak pemerintah untuk lebih peka, lebih sensitif dan lebih arif dalam menyikapi situasi dan kondisi sanggar-sanggar seni, yang nasibnya mati segan dan hidup tak mau.

Jika pembinaan tak dilakukan oleh pemerintah. Maka, kata Musa, jangan lagi ditambah dengan perhatian pemerintah yang berlebihan terhadap kelompok-kelompok seni di luar sana.

“Kami himbau kepada seluruh Pelaku seni untuk bersatu padu, menolak pengagungan seni impor, dan marilah saatnya sama-sama kita besarkan seni dalam negeri, seni dari leluhur yang mesti dilestarikan bersama,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengatakan, girlband top Korea, SNSD, akan hadir untuk mengisi acara HUT yang akan digelar di di Monas, Jakarta Pusat pada 18 Agustus 2017 yang akan datang.

“Nanti juga ada Girls’ Generation, atau SNSD,” kata Triawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 28 Juli 2017. (TK)

SHARE
Comment