Marak Jaksa Ditangkap KPK, ICW Desak M Prestyo Mundur

Marak Jaksa Ditangkap KPK, ICW Desak M Prestyo Mundur

SHARE

Publik-News.com – Peneliti ICW Lalola Easter menuntut HM Prasetyo mundur dari jabatannya sebagai Jaksa Agung. Tuntutan ini disampaikan bersamaan dengan Koalisi Pemantau Peradilan yang terdiri dari YLBHI, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) dan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum UI.

“Kami mendesak Jaksa Agung HM Prasetyo untuk mundur dari jabatannya karena memang sudah saatnya,” tutur Lalola Easter dalam konferensi pers di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2017).

Prasetyo dianggap gagal melakukan progres di tubuh kejaksaan. Selain itu, Prasetyo tidak bisa melakukan pengawasan terkait maraknya jaksa ‘nakal’ yang ditangkap oleh KPK.

“Di awal pengangkatannya sendiri itu banyak yang meragukan karena dia berafiliasi dengan parpol. Kerjanya juga tak maksimal,” ujar dia.

“Justru di bawah kepemimpinannya ada lima orang jaksa yang ditangkap KPK,” imbuh dia.

Sementara itu, Peneliti dari Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Indonesia Miko Ginting menegaskan sudah sepantasnya Prasetyo mundur. Sebab selain 5 jaksa yang ditangkap KPK, ada 7 pegawai jaksa lainnya yang ditangkap Saber Pungli.

“Jadi tuntutan mundur ini beralasan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban,” kata dia.

Jika Prasetyo belum mundur, Miko mengatakan Presiden Jokowi harus segera melakukan evaluasi.

“Kalau tidak mundur, maka Presiden harus menilai apakah jaksa agung yang dipilihnya itu sudah menunjukan performa sesuai harapan atau tidak,” papar dia.(Fq)

 

 

SHARE
Comment