Home Politik Banyak Pelanggaran Kampanye Pilgub DKI, Bawaslu Copot 1.262 Spanduk

Banyak Pelanggaran Kampanye Pilgub DKI, Bawaslu Copot 1.262 Spanduk

95

Publik-News.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI mengaku selama putaran kedua Pilgub DKI telah menurunkan 1.262 spanduk yang dilarang. Hal ini dikarenakan spanduk itu bernada provokatif yang tidak sesuai dengan peraturan KPU.

“Spanduk provokatif sebanyak 632, spanduk paslon yang tidak boleh sebanyak 630. Jadi total spanduk yang sudah kami turunkan itu 1.262 spanduk yang memang melanggar sebagaimana diatur dalam peraturan KPU,” kata Anggota ¬†Bawaslu DKI, M Jufri, Selasa (28/3/2017).

Jufri menambahkan, pihaknya saat ini juga menerima 32 laporan terkait pelanggaran kampanye, satu sudah dilimpahkan ke kepolisian karena mengandung unsur tindak pidana.

“Satu yang merupakan tindak pidana, yang kami sudah limpahkan ke pihak kepolisian, yaitu pembagian paket sembako. Itu sementara kami serahkan kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Kemudian, kata Jufri, ada juga laporan berkaitan dengan kampanye paslon yang tidak dilaporkan kepada penyelenggara, baik KPUD maupun Bawaslu

Jufri mengatakan Bawaslu akan mengantisipasi adanya pelanggaran kampanye berkedok pembagian sembako hingga hari tenang nanti

“Kalau acara baksos saja tidak ada ajakan memilih, saya kira sah-sah saja, tapi kalau dijadikan bahan kampanye itu tidak boleh karena memberi sesuatu pakai sembako,” ujar Jufri.(Fq)

 

Comment