Banyak Warga DKI Idap Penyakit Hipertensi

Banyak Warga DKI Idap Penyakit Hipertensi

SHARE

Publik-News.com – Pengungkapan data terbaru Kementerian Kesehatan menunjukkan banyak warga DKI mengidap penyakit hipertensi atau biasak dikenal dengan darah tinggi. Tidak hanya itu, data temuan tahun 2016 tersebut juga mengungkap tentang perkembangan tuhuh rata-rata warga DKI mengalami kegemukan hingga mencapai 49 persen dari keseluruhan penduduk.

Dalam penjelasannya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Dr Lilik Sulistiyowati mengatakan secara persentase warga DKI beresiko hipertensi mencapai 4x,1 persen.  Menurutnya, data tersebut didapatkan melalui proses screening terhadap warga di 30 pasar yang tersebar di DKI.

“Yang kami screening hanya orang dewasa untuk tiga tes indikator. Yaitu gula darah, tekanan darah, dan BMI/Indeks Massa Tubuuh,” ujar Lilik.

Lilik mengatakan pasar menjadi pilihan untuk proses screening karena lokasi tersebut menjadi tempat berkumpulnya para warga DKI dari berbagai latar belakang.

Lilik menambahkan dari hasil temuannya, terdapat 27,1 persen penduduk DKI beresiko terkena penyakit diabetes. Faktor utamanya, kata Lilik, karena adanya perbahan pola hidup warga DKI dalam mengkonsumsi makanan. Menurutnya, ada kecenderungan warga DKI memilih makan lezat daripada bergizi.

“Makanan itu ada dua. Makanan. Sehat dan makanan lezat. Kalauu ingin sehat, pilihlah makanan sehat yaitu dengan porsi 50 persen sayur dan buah. Separohnya lagi untuk karbohidrat dan protein. Polanya, lima sendok makan karbohidrat, empat sendok makan gula dan satu sendok the garam,” paparnya. (Ahmad)

SHARE
Comment