Banyak WNI Daftar Jadi Warga Negara Lain

Banyak WNI Daftar Jadi Warga Negara Lain

SHARE

Publik-News.com – Kasus Archandra Tahar menyadarkan adanya praktek kewarganegaraan ganda yang dilakukan warga negara Indonesia yang hidup di luar negeri. Tidak hanya di Amerika, terdapat banyak WNI yang secara sembunyi-sembunyi mendaftarkan diri untuk menjadi warga negara lain.

“Selama ini banyak WNI kucing-kucingan dengan mendaftar warga negara lain,” ujar Wakil ketua komisi I DPR, Hanafi Rais di di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Hanafi menegaskan kasus Archandra dapat membuka pikiran masyarakat dan pemerintah untuk menjadikan masalah tersebut sebagai hal yang penting untuk diulas. Sehingga, kata dia, upaya penertiban kewarganegaraan dapat dilakukan secara disiplin di Indonesia sebagaimana Undang-Undang (UU) nomor 6 tahun 2006 tentang kewarganegaraan.

Politisi yang juga putra dari pendiri PAN Amien Rais itu menekankan agar pemerintah memiliki perhatian khusus bagi penertiban administrasi kewarganegaraan di Indonesia. Terutama, kata dia, dengan mengintensifkan kordinasi dengan para duta besar Indonesia yang ada di luar negeri.

Hanafi menilai kasus Archandra hanya secuil dari sekian banyak WNI yang memiliki kewarganegaraan ganda. Ia berharap pemerintah dapat belajar banyak dari kasus Archandra yang sesungguhnya telah mencoreng muka pemerintah.

“Sebaiknya ini diselesaikan jangan anggap Archandra ini sebagai satu kasus saja. Kasus ini saya katakan puncak gunung es dan banyak terjadi,” ucapnya.(Ahmad)

Comment