Beda Dengan Ahok, Djarot Izinkan Penyembelihan Daging Kurban di Sekolah

Beda Dengan Ahok, Djarot Izinkan Penyembelihan Daging Kurban di Sekolah

SHARE

Publik-News.com – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memperbolehkan penyembelihan hewan kurban di sekolah. Djarot berpesan agar tetap menjaga kebersihan lingkungan

“Kita sudah bicarakan di sekolah boleh asalkan pengolahan limbahnya bagus. Kemarin kita juga sembelih kurban di lingkungan sekolah, di Al-Azhar, itu prinsipnya,” kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2017).

Djarot meminta sekolah menyediakan pengolahan limbah agar darah hewan tidak dibuang sembarangan.

“Yang penting asalkan untuk pengolahan limbahnya bagus mengapa tidak. Yang tidak boleh itu di jalan kemudian di trotoar karena tahun lalu saya masih melihat ada pemotongan hewan di trotoar. Jadi trotoar itu diambil batanya, atasnya untuk menyembelih hewan kurban, itu tidak boleh,” tutur Djarot.

Keputusan Djarot ini tentu berbeda dengan yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada tahun 2015, Ahok melarang penyembelihan kurban di sekolah melalui Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 168 Tahun 2015 tentang Pengendalian, Penampungan, dan Pemotongan Hewan.‎

Ahok meminta penyembelihan daging kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH).

“Pelarangan pemotongan hewan kurban di sekolah) disebutkan (di Ingub). Seharusnya memang tidak boleh, karena darahnya mencurah ke tanah dan kebanyakan anak-anak bisa tertular penyakit,”ungkap Ahok. (Fq)

 

 

 

SHARE
Comment