Bersyukur, Pengadilan Tipikor Vonis Bebas La Nyalla Mattalitti

Bersyukur, Pengadilan Tipikor Vonis Bebas La Nyalla Mattalitti

SHARE

Publik-News.com – Terdakwa kasus dugaan korupsi dana hibah yang bersumber dari pemerintah provinsi Jawa Timur, La Nyalla Mattaliti akhirnya bisa bernafas lega. Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memberikan vonis bebas atas kasusnya tersebut

Ketua Majelis Hakim Sumpeno mengatakan, alasan dalam vonis bebas tersebut,  pada La Nyalla tidak ditemukan bukti yang sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sehingga dinyatakan bebas dari jeratan hukum. Dalam sidang ini, dua hakim menyatakan dissenting opinion

“Kedua, membebaskan La Nyalla Mahmud Mattalitti dari dakwaan,” ujar dia saat membacakan putusan sidang di gedung PN Tipikor, jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016).

Ketiga, memerintahkan agar La Nyalla dikeluarkan dari tahanan. Terkahir, nama baik La Nyalla harus dipulihkan, baik dari segi kemampuan, kedudukan, harkat serta martabat.
Seperti diketahui, La Nyalla ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur atas kasus penggunaan dana hibah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk pembelian saham perdana (IPO) pada 2012.

Total kerugian negara atas korupsi ini mencapai Rp 5,3 miliar. Uang ini digunakan untuk membeli saham perdana di Bank Jatim. Atas pembelian ini, La Nyalla diduga mendapat keuntungan sebesar Rp 1,1 miliar.

Atas kasus ini, La Nyalla dijerat Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. (Fq)

SHARE
Comment