BPK Ogah Audit Ulang Kemendes

BPK Ogah Audit Ulang Kemendes

SHARE

Publik-News.com – Anggota BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna menegaskan pihaknya tidak akan melakukan audit ulang terhadap Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meski saat ini sudah ada auditor BPK yang terkena OTT KPK

Ia menjelaskan audit yang dilakukan BPK terhadap Kemendes PDTT sudah dilakukan secara transparan. Di mana dalam pemeriksaannya sudah melibatkan anggota BPK mulai dari tim junior dan senior yang membidangi pengendali teknis, penjamin mutu

“Dan itu ada prosedur yang begitu panjang, yang didalam prosedur itu ada quality insurance dan quality control (jaminan kualitas dan kontrol) untuk sampai dengan konsep laporan hasil pemeriksaan yang didalamnya ada opini. Jadi ada buku satu opini, buku dua kepatuhan, dan buku tiga efektifitas sistem pengendalian internal (SPI),” kata Agung di Auditorium Pusdiklat BPK, Jakarta Selatan, Senin (29/5/2017).

Menurutnya, audit BPK tidak tergantung pada pimpinan. Itu artinya, kesemuanya harus melalui sistem yang mengharuskan anggota BPK bekerja secara akuntabel dan independen.

“Karena saya katakan tadi audit BPK itu sistem, jadi tidak bergantung dengan seorang tortama (auditor utama), tidak bergantung dengan kepala auditorat, bahkan tidak bergantung dengan pimpinan BPK seperti saya,” tuturnya.

Namun demikan, ia mengaku masih mengedepankan praduga tak bersalah kepada auditor BPK yang terkena OTT KPK.

“Silahkan KPK bekerja, kami punya kepercayaan mereka profesional, seperti kami diaudit profesional kita percaya KPK profesional, kita taat hukum, kita taati proses hukum,” pungkasnya.(Fq)

 

SHARE
Comment