Bubarkan HTI, Fahri: Wiranto Dipanggil Setelah Reses

Bubarkan HTI, Fahri: Wiranto Dipanggil Setelah Reses

SHARE

Publik-News.com – Dewan perwakilan Rakyat menjadwalkan akan melakukan pemanggilan  terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Wiranto  terkait rencana membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pemanggilan ini akan dilakukan setalah masa reses DPR.

“Supaya kami tahu semua kelakuan pemerintah maka akan dipanggil lalu dimintai penjelasan. Kemungkinan setelah reses kita panggil,” kata Fahri Hamzah di Kampoeng Popsa Makassar, Jumat malam 12 Mei 2017.

Fahri mengatakan masa reses DPR dimulai pada sejak 29 April hingga 17 Mei 2017. Setelah itu, direncanakan langsung dilakukan pemanggilan terhadap Wiranto.

Menurut Fahri, pasca reformasi pembubaran ormas bukan lagi domain eksekutif, melainkan dari pihak pengadilan.

“Ini kan terlalu otoriter, penguasa zaman sekarang enggak paham kalau kita hidup di zaman baru era baru. Pemerintah enggak bisa selembar surat lalu mengatakan hari ini kami bubarkan,” ucap Fahri.
Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Wiranto menyatakan akan membubarkan HTI karena bertentangan dengan ideologi pancasila.

Wiranto menyebut gerakan HTI tidak semata untuk dakwah, tetapi lebih kepada politik. “Dakwah yang disampaikan masuk wilayah politik,” kata Wiranto.

“Kalau dalam politik tidak bisa berdaulat, bagaimana kita bisa bersatu?” cetus Wiranto. (Fq)

 

 

SHARE
Comment