Bukti Palsu, Pengacara Minta Kasus Habib Rizieq Dihentikan

Bukti Palsu, Pengacara Minta Kasus Habib Rizieq Dihentikan

SHARE

Publik-News.com – Polda Metro Jaya menyebut penyebar chat mesum antara Habib Rizieq dan Firza Husein akunnya dibuat di Amerika.

Ketua Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) Eggi Sudjana mengatakan apabila hal itu benar adanya maka kasus ini harus segera dihentikan. Karena barang bukti yang dihadirkan palsu yang selama ini dijadikan dasar penetapan tersangka.

“Konsekuensi hukumnya batal demi hukum tersangkanya Habib Rizieq juga Firza karena ternyata itu palsu barang buktinya karena buatan orang,” ujar Eggi, Sabtu (10/6/2017).

Untuk itu, lanjut Eggi, kepolisian harus mengeluarkan SPPP (Surat Penghentian Penyidikkan Perkara) terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq.

Selain itu, polisi harus mengejar pelaku yang menyebarkan video chat ini karena telah menyebarkan fitnah yang bisa dijerat dengan pasal 310 dan 311 tentang pencemaran nama baik dan fitnah dengan hukuman minimal sembilan bulan dan empat tahun.

“Jo ke pasal 220 KUHP dengan hukuman lebih dari 2 tahun bahwa tindakan tersebut bukan tindak pidana yang dilakukan Habib dan Firza,” katanya.

Menurunya, proses hukum yang dialami Habib Rizieq dan Firza ini telah banyak merugikan secara moril karena nama baiknya tercemarkan. Selain itu, kasus ini telah menimbulkan kegaduhan yang bisa membawa perpecahan bangsa.

“Semoga kedepan nya penegakkan hukum oleh kepolisian dapat berjalan baik dan benar bukan berdasarkan kepentingan apapun,” ujarnya.(Fq)

 

 

 

SHARE
Comment