Buya Syafii Mengaku Tak Begitu Kenal dengan Ahok, Tapi Pernah Makan Bareng...

Buya Syafii Mengaku Tak Begitu Kenal dengan Ahok, Tapi Pernah Makan Bareng dengan Ahok

SHARE

Publik-News.com – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Syafii Maarif meminta semua pihak tidak mempenjang persoalan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok meski sudah menistakan agama dengan mengutip kita suci Al qur’an Surat Al Maidah Ayat 51.

Ahok sendiri sudah meminta maaf kepada seluruh umat Islam atas pernyataannya yang mengutip ayat Al quran saat berdialog dengan warga Kepulauan Seribu beberapa hari lalu itu. Hal tersebut disampaikan Buya — panggilan akrab Syafii Maarif saat dimintai tanggapan soal kegaduhan pernyataan Ahok terkait Surat Al Maidah pada acara program TV One Indonesia Lawyers Club (ILC) bertajuk “Setelah Ahok Minta Maaf” , Selasa (11/10/2016).

Buya mengaitkan pernyataan Ahok tentang Surat Al Maidah dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Dalam perbicangan dengan Karni Ilyas dan didengar semua undangan yang hadir di ILC, Buya mengatakan kagaduhan akibat pernyataan Ahok yang mengutip Surat Al Maidah menjadi hangat layaknya kompetisi tiga pasangan Cagub-Cawagub dalam Pilkada DKI.

“Dan ahok kan sudah minta maaf ya, kalau sudah minta maaf menapa kita tidak selesaikan saja. Dan saya rasa Ahok itu bukan orang jahat ya, saya tidak begitu kenal ya, tapi kok dijadikan begini ini gimana? diselesaikan dengan baiklah, bersaing dengan fair, jujur, adil tanpa ada apa kampanye hitam,” ujar Buya.

Pengakuan Buya yang mengaku tidak kenal dengan Ahok ini bertolak belakang dengan kenyataan. Buya pernah beberapa kali bertemu dengan Ahok. Hal itu terlihat saat Ahok bersebelahan duduk dengan Buya pada acara Pembukaan Jambore Pelajar se Pulau Jawa III di Balai Kota DKI Jakarta Desember 2015 silam.

Kemudian, Ahok dan Buya pernah makan bersama dalam satu ruangan. Dalam momen yang penuh dengan menu makan ini, Aho tampak menggunakan seragam dinas dan Buya memakai baju batik. Ahok juga pernah makan bersama dengan Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Amerika Akhmad Sahal.

Foto makan bareng antara Ahok-Buya dan Ahok Akhmad Sahal ini tersebar ditwitter. Adalah akun @Yudissejahtera yang mengapload foto Ahok-Buya dan Ahok Akhmad Sahal tersebut dengan keterangan “apa persamaan dari dua foto dibawah ini”.

Foto tersebut kemudian diretwet oleh akun @Mayangpuwanti dan diberi keterangan “Menu jamuannya beda. Yang sama Buya lebih lengkap & enak daripada yang sama dengan @sahal_as. Kaliber ketokohan menentukan menu yang disajikan Ahok.
(Taufik)

Comment