Data Lengkap Vihara dan Klenteng Yang Dibakar Massa dalam Kerusuhan di Tanjung...

Data Lengkap Vihara dan Klenteng Yang Dibakar Massa dalam Kerusuhan di Tanjung Balai

SHARE

Publik-News.com – Kerusahan yang terjadi di Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (30/7/2016) pecah. Tidak ada korban jiwa manusia pada peristiwa dan konflik berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golonga (SARA).

Namun demikiai, konflik yang dipicu oleh salah seorang warga etnis Tionghoa yang meminta salah seroang warga lainnya mengecilkan volume microfonnya saat adzan di Masjid tersebut menyebabkan viraha dan klenteng ludes di bakar massa. Mobil dan motor juga tak lepas dari sasaran massa yang tak bisa menahan emosi atas pernyataan seorang warga etnis Tionghoa yang diketahui berinisial M berusia 41 tahun tersebut.

Berikut data lengkap kerusakan dalam kerusuhan SARA di Tanjung Balai versi Polda Sumut:

1 unit Vihara di Jalan Asahan dibakar, 3 unit mobil, 3 unit sepeda motor dan 1 unit betor di Pantai Amor. 1 unit Klenteng di Jalan Sudirman dirusak, peralatan ibadanya, 1 unit Klenteng di Jalan Handoko dirusak, 1 unit tempat pengobatan Tionghoa di Jalan Handoko dirusak, 1 unit sepeda motor di Jalan Handoko dibakar.

Kemudian data kerusakan lainnya adalah 1 unit Klenteng di Jalan KS Tubun, 1 unit bangunan Yayasan Putra Esa di Jalan Nuri dibakar, 1 unit Vihara di Jalan Imam Bonjol dirusak, isinya dibakar, 1 unit bangunan Yayasan Sosial di Jalan WR Supratman dirusak, 3 unit mobil di Jalan WR Supratman dirusak dan dibakar,1 unit Vihara di Jalan Ahmad Yani dirusak, isinya dibakar, 1 unit Klenteng di Jalan Ade Irma dibakar dan 3 unit klenteng di Jalan Asahan tak lepas dari bakaran massa.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment