Debat Pilkada DKI Dinilai Sebagai Ajang Menarik Pemilih Galau

Debat Pilkada DKI Dinilai Sebagai Ajang Menarik Pemilih Galau

SHARE

Publik-News.com – Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes memperkirakan kalau debat kandidat Pilkada DKI nanti malam, Jumat (13/1/2017) menjadi momen untuk mencuri hati pemilih yang belum menentukan pilihannya.

“Saya perkirakan debat akan berjalan menarik, karena ini kali pertama ketiga pasangan cagub-cawagub hadir dalam debat. Sebelumnya kan ada debat tapi tidak berhasil menghadirkan semua kandidat. Ini adalah momentum untuk mencuri hati pemilih,” kata Arya Fernandes ketika dihubungi, Jumat (13/1/2017).

Untuk itu, ia meminta supaya masing-masing calon untuk menyiapkan materi dengan sebaik mungkin. Ia memprediksi pelaksaan debat ini, angka pemilih galau, atau yang belum menentukan pilihannya akan semakin turun.

“Selama ini kan elektabilitas ketiganya ketat, ini juga yang membuat debat menjadi penting untuk salah satu calon meninggalkan pesaingnya. Saya kira setelah debat, pemilih yang belum menentukan pilihan dan masih bimbang akan turun hingga 10 persen,” ujarnya.

Arya menyebut antusias masyarakat untuk menyaksikan debat Pilkad DKI akan tinggi. Disamping ada calon petahan yang akan menyampaikan program yang telah dilakukan, dua pasangan lainnya akan menyampaikan program baru untuk DKI.

“Namun harus tetap rasional tentunya,” ujar Arya,

Terkait siapa calon yang akan unggul usai debat berlangsung, Arya mengaku belum bisa memastikan. Dikarenakan ketiga calon sama-sama kuat. (Fq)

 

 

SHARE
Comment