Demi NKRI, Kapolri Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebhinnekaan

Demi NKRI, Kapolri Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebhinnekaan

SHARE

Publik-News.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito Karnavian mengingatkan jika merawat persatuan penting untuk menjaga keutuhan NKRI. Tito menganggap tidak mudah untuk merawatnya ditengah banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia.

Tito mengatakan tidak semua negara memiliki tingkat saparitas tinggi yang terdiri berbagai keanekaragaman seperti di Indonesia. Tak jarang, kata Tito, negara lain tidak mampu menjaga persatuan karena persoalan keanekaragaman

Menurut Tito, Indonesia menjadi bangsa yang bisa dipersatukan karena adanya  Bhinneka Tinggal Ika.

“Seperti rakyatnya Raja Salman yang homogen satu ras sama, bahasa dan kultur sama. Negara tetangga juga Singapura ada tiga ras yakni Tionghoa, Tamil, dan Melayu, tapi bangsa kita banyak. Padang sama Aceh saja berbeda, itu baru satu pulau,” ungka Tito saat memberikan kuliah umum di Universitas Islam Riau (UIR) di Kota Pekanbaru dalam acara temu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-nusantara di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIR, Pekanbaru, Jumat (3/3/2017).

Kemudian Tito menceritakan pengalamannya saat menjadi Kapolda di Papua. “Saya pernah jadi Kapolda di Papua yang juga sering ribut antarorang Papua. Ribut antara orang Sorong dan Merauke. Orang Merauke bilang kalau tak ada mereka Indonesia tak pernah ada karena lagu dari Sabang sampai Merauke,” kata Tito

Tito memberikan pesan jika peran pemuda penting untuk manjaga dan merawat persatuan Indonesia yang dimulai sejak sumpah pemuda 1928.

“Pemuda adalah generasi penerus bangsa, yang tua-tua suatu saat akan lengser. Penerusnya adalah pemuda khususnya mahasiswa yang merupakan kalangan intelektual,” ungkapnya.(Fq)

 

 

 

 

SHARE
Comment