Demo 4 November, Pernyataan Jokowi Dianggap Memperkeruh Keadaan

Demo 4 November, Pernyataan Jokowi Dianggap Memperkeruh Keadaan

SHARE

Publik-News.com-Pernyataan Presiden Jokowi Widodo yang menyebut ada aktor politik dibalik kericuhan demo 4 november membuat suasana semakin panas.

Pengamat Politik Hendri Satrio menilai justru dengan adanya tuduhan seperti itu yang semula Presiden menginginkan suasana politik menjadi dingin malah menjadi hangat. Masyarakat bisa saling curiga dan itu membuat situasi tidak semakin kondusif.

“Namun pernyataan ini memang membuat misteri politik baru yang membuat masyarakat menebak-nebak,” kata Hendri, Sabtu (5/11/2016).

Hendri hawatir apa yang dilakukan Presiden dengan melakukan safari politik bertemu dengan Prabowo, Tokoh Agama hanya bersifat formalitas yang tidak mempunyai makna. Karena sekarang semua menjadi misteri, bisa melempar isu dan tuduhan ke siapa saja.

“Walaupun mungkin itu adalah strategi untuk meredam aksi dan membuat sadar demonstran agar membubarkan diri dan tidak membiarkan diri mereka ditunggangi,” kata Hendri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan pernyataan bahwa ada aktor dibalik kericuhan yang dilakukan para pendemo.

“Tapi kita menyesalkan kejadian pada ba’da Isya, yang seharusnya sudah bubar tetapi menjadi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditungganggi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi,” ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (5/11/2016) dini hari.

“Sebelumnya, saya telah memerintahkan Wakil Presiden untuk menerima perwakilan unjuk rasa, yang didamping Menko Polhukam, Mensesneg, Mentri Agama, Seskab, Kapolri, dan Panglima,” katanya. (faruq)

 

SHARE
Comment