Desmon Sebut Tujuh Calon Hakim Agung Tidak Layak Dipilih

Desmon Sebut Tujuh Calon Hakim Agung Tidak Layak Dipilih

SHARE

Publik-News.com – Setelah menggelar ujia kalayakan dan kepatutan Komisi III DPR RI menjadwalkan pemilihan calon hakim agung sekitar pukul 15:00 pada Selasa (30/8/2016) sore ini.

Ada tujuh nama calon haki agung yang diseleksi oleh dipilih Komisi yang membidangi hukum tersebut.  Namun demikian, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmon J Mahesa menegaskan bahwa dari tujuh nama itu tidak ada yang cocok menjadi hakim agung.

“Saya tidak melihat ada yang layak,” ujar Desmon kepada wartawan di Gedumg DPR RI, Senayan Jakarta.

Menurut Desmon, Komisinya akan merinci kembali kriteria hakim agung sebelum proses pemilihan digelar. Sebab, selama uji kelayakan dan kepatutan, Desmon berujar bahwa ketujuh calon hakim agung tersebut memberikan jawaban yang tidak memuaskan ketika di tanya soal persoalan yang berkaitan permasalahan hukum di MA.

“Kalau pada saat saya bertanya , ngomong hebat banget, tapo jawabannya muter-muter,” katanya.

Menurut Desmon, institusi penegak hukum seperti MA harus diisi oleh orang-orang yang memiliki visi-misi yang bisa memperbaiki citra MA. Dengan begitu, citra MA yang belakangan ini mulai tergerus karena perilaku oknom di sana, dapat dipulihkan kembali.

“Karena persoalan di MA itu adalah integritas. Kualitas keilmuan cukup. Tapi dirusak oleh integritas. Kenapa? Beberapa kasus yang mengemuka lebih pada suap menyuap,” pinta Desmon yang juga politisi dari Fraksi Gerindra ini.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment