Detik-detik Paripurna RUU Pemilu, PKB Merapat Ke Pemerintah

Detik-detik Paripurna RUU Pemilu, PKB Merapat Ke Pemerintah

SHARE

Publik-News.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipastikan akan ikut opsi pemerintah yang mengusulkan presidential threshold 20-25%. Sementara sidang paripurna pengambilan keputusan RUU pemilu akan digelar hari ini.

“PKB itu ingin menjembatani antara beberapa opsi yang kelihatan saja. Tapi karena PKB tidak cukup suara maka PKB akan ke opsi pemerintah,” ujar Ketua Fraksi PKB Ida Fauziah saat dihubungi, Kamis (20/7/2017).

PKB sempat menawarkan jalan tengah terkait polemik presidential threshold, namun usulannya itu tidak mendapatkan respon dari fraksi lain.

“Karena kita menwarkan pilihan tapi pilihan itu tidak dapat respon.Tapi meski begitu kita mau musyawarah mufakat. Awalnya kan PKB pilihannya tidak begitu,” kata Ida.

“Tapi karena pilihannya sudah seperti itu. Maka ya PKB dan tidak mendapatkan pilihannya yang lain. Kita gabung partai pemerintah,” sambungnya.

Ida menjelaskan sejak awal PKB menawarkan presidential threshold 10%. Namun demikian, PKB juga tidak menolak usulan pemerintah.

“PKB juga sebenarnya bukan menolak. Pilihan dasarnya 10 persen pandangan fraksi. Kita tidak pernah menolak tegas 20 juga tidak. Kita masih berharap bisa musyawarah mufakat,” ucap Ida. (Fq)

SHARE
Comment