Audiensi Dengan Coffee Lovers, Komisi IV: Kopi Indonesia Berkelas Internasional

Audiensi Dengan Coffee Lovers, Komisi IV: Kopi Indonesia Berkelas Internasional

SHARE

Publik-News – Sejumlah pegiat kopi mengunjungi komisi IV DPR di kompleks, Senayan, Jakarta, Senin (15/8/2016). Mereka datang dari dua komunitas yang sama-sama memiliki perhatian terhadap produktifitas kopi Indonesia, Cofee Lovers Indonesia (CLI) dan Asosiasi Kopi Special Indonesia (AKSI).

Dalam kunjungannya, CLI dan AKSI bermaksud melakukan audiensi dengan komisi IV DPR yang membidangi persoalan pertanian, peternakan, kehutanan dan kelautan. Dalam audiensi tersebut, kedua pihak menggagas tentang upaya langkah strategis dalam mengembangkan agribisnis kopi di Indonesia.

Wakil ketua komisi IV DPR Herman Khoeron mengatakan kopi Indonesia menjadi salah satu komoditas yang berkualitas dan dihargai pasar internasional. Melalui audiensi dengan CLI dan AKSI, ia berharap lahirnya formulasi gagasan untuk semakin memajukan produksi dan pemasaran kopi Indonesia.

“Ini bisa jadi semangat baru. Bahwa sesungguhnya kopi Indonesia adalah kopi berkelas Internasional. Dan mestinya bisa lebih dibanggakan oleh masyarakat Indonesia,” ujar Herman di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (15/8/2016).

Selain Herman, turut hadir dalam acara tersebut diantaranya anggota komisi IV DPR F-PDIP Sudin serta anggota komisi IV DPR dari fraksi Nasdem Sulaiman L Hamzah.

Herman mengatakan pihaknya telah ikut andil dalam mengembangkan produktifitas kopi di Indonesia. Salah satunya, kata dia, komisi IV turut berperan dalam penanaman kopi di lahan milik PT. Perhuatani (Persero) Tbk.

Selain di lahan milik negara, menurut Herman, komisi IV juga berusaha membantu produk yang tengah digalakkan masyarakat. Ia menekankan pentingnya jaringan pemasaran supaya kopi yang dihasilkan di Indonesia dapat merambah pasar secara luas.

“Kita akan merespon terhadap apa yang disampaikan oleh perwakilan pecinta kopi. Dan kalau nanti dihasilkan suatu rencana strategis ke depan, baik berupa aksi sosial maupun diseminasi tentang kopi. DPR akan dukung sepenuhnya,” ucapnya.(Ahmad)

SHARE
Comment