Dipanggil Pansus, KPK Nyatakan Pasang Badan Untuk Miryam

Dipanggil Pansus, KPK Nyatakan Pasang Badan Untuk Miryam

SHARE

Publik-News.com – KPK menyatakan tetap menolak menghadirkan Miryam S Haryani ke Pansus Angket KPK di DPR. Keputusan penolakan ini diklaim KPK sudah dibahas oleh tim penyidik.

“Kita sudah ekspose bersama dan keputusannya kita tidak mengizinkan Miryam Haryani,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat dimintai konfirmasi, Senin (19/6/2017).

Menurutnya, kewenangan penahanan Miryam berada ditangan penyidik. Selain itu, KPK tidak akan memberikan materi keterangan Miryam ke Pansus Hak Angkat.

“Prinsipnya sebetulnya terkait substansi masalah pernyataan Miryam nanti kita dengarkan di persidangan. Karena itu menjadi alat bukti KPK terkait keterangan Miryam apa benar-tidaknya dia ditekan itu. Paling minggu depan setelah Lebaran kita limpahkan (berkas perkara),” tutur Alex.

“Miryam di bawah penahanan KPK. Kecuali dia orang bebas, berada di luar, itu bolehlah (hadir). Tapi sekarang dia di bawah penahanan KPK,” imbuh Alexander.

Dugaan adanya penekanan beberapa anggota DPR kepada Miryam terungkap di dalam persidangan. Saat itu, penyidik senior KPK, Novel Baswedan menyebut saat dilakukan pemeriksaan, Miryam merasa ketakutan karena merasa ditekan oleh koleganya di DPR.

Miryam kemudian ditetapkan tersangka oleh KPK karena memberikan keterangan palsu di pengadilan. Miryam dalam persidangan malah menyebut yang menekannya adalah penyidik KPK.

KPK menjerat Miryam dengan Pasal 22 juncto Pasal 35 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Fq)

SHARE