Diperiksa KPK, Rizal Ramli Siap Buka-Bukaan Soal Kasus BLBI

Diperiksa KPK, Rizal Ramli Siap Buka-Bukaan Soal Kasus BLBI

SHARE

Publik-News.com – Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rizal Ramli mengaku akan blak-blakan menyampaikan informasi seputar sepengatahuannya terkait kasus BLBI yang saat ini sedang ditangani KPK

Rizal Ramli dijadwalkan akan diperiksan KPK hari ini, Selasa (2/5/2017). Rizal menyebut akan membeberkan asal muasal pemberian Surat Keterangan Lunas bagi penerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL-BLBI).

“Hari ini, saya datang ke KPK memenuhi panggilan untuk didengar keterangan dan pandangan saya terhadap kebijakan SKL BLBI,” ujar Rizal melalui siaran persnya, Selasa (2/5/2017).

Pemeriksaan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Rizal setelah sebelumnya, pada 22 desember tahun 2014 ia dipanggil KPK terkait pemahamannya tentang SKL BLBI. Saat ini, Rizal kembali dipanggil untuk menjelaskan prosedur dan lahirnya SKL BLBI.

“Itulah sebabnya saya berpendapat bahwa kebijakan bisa dipidana apabila dalam kajiannya mengandung aspek-aspek kriminal, yang biasa saya sebut sebagai crime policy, kebijakan kriminal, karena memang didesain untuk hal-hal yang buruk,” jelasnya.

Rizal mengaku pernah memberikan keterangan yang bisa berujung pada korupsi kepada Komisioner KPK era Bibit S Riyanto terkait kebijakan Bailout Bank Century pada 2009.

“Saat itu, Pak Bibit meminta saya hadir di KPK guna menjelaskan ihwal bailout Bank Century secara tertutup. Pak Bibit ketika itu ditemani pengacara KPK, Ahmad Rifai. Saya berharap, keterangan saya kepada penyidik KPK hari ini bermanfaat dan bisa dipakai sebagai referensi dalam mengungkap tuntas kasus BLBI,” ucapnya.(Fq)

SHARE
Comment