Djarot Bakal Periksa Pendatang Baru di Jakarta

Djarot Bakal Periksa Pendatang Baru di Jakarta

SHARE

Publik-News.com –  Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap pendatang baru di Jakarta.

Menurut Djarot, langkah seperti lumah dilakukan setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan melakukan bina kependudukan (binduk) yang melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Dukcapil nantinya bakal mengirimkan surat edaran untuk melakukan pendataan bagi pendatang baru. Hal ini bertujuan untuk mengetahui mobilitas orang-orang dari luar Jakarta. Sementara pemeriksaan pendataan ini akan dilakukan mulai H+2  hingga H+15 Lebaran..

“Saya juga perintahkan ada misalnya datang ke Jakarta kemudian tinggal di pinggir-pinggir jalan di kolong jembatan diperintahkan segera ditertibkan untuk balik pulang ke daerahnya atau kami akan ajak mereka-mereka itu ke panti-panti sosial untuk dilakukan pembinaan kalau ada seperti itu,” ujar Djarot di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (30/7/2017).

Djarot menambahkan, untuk mencegah warga bermukim di pinggir jalan atau kolong akan ada petugas dukcapil di tingkat Kelurahan yang bekerja sama  dengan petugas dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan Kelurahan. Mereka ditempatkan di wilayah tertentu, misalnya di rusun, dekat keramaian pasar, stasiun, dan terminal.

Nantinya, kata Djarot, akan ada dua petugas Dupkacil yang akan diterjunkan disetiap kelurahan. “Karena warga kita yang tinggal di rusun itu keluarga inti (terdiri dari) anak, istri. Mertua, kakek, nenek silakan tapi jangan dong keponakan dari kampung terus di rusun dulu,” katanya.(Fq)

 

SHARE
Comment