Djarot Sindir Jokowi: Ngapain Pindah Ibu Kota?

Djarot Sindir Jokowi: Ngapain Pindah Ibu Kota?

SHARE

Publik-News.com – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyindir Presiden Jokowi yang ingin memindahkan ibu kota Negara dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Menurut Djarot, pihaknya saat ini sedang konsisten ingin membangun Jakarta menjadi kota yang layak sebagai ibu kota. Maka itu, Djarot menyarankan usulan pemindahan ibu kota sebaiknya diurungkan.

“Saya pikir kalau kita konsisten seperti ini, maka menurut saya, ngapain ibu kota negara dipindah?” kata Djarot di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).

“Jadi gini ya, mindahin ibu kota tidak gampang, bukan hal yang sederhana. Kalau saya sebaiknya, ya kita kembangkan Jakarta supaya layak jadi ibu kota negara,” imbuh Djarot.

Djarot menambahkan, ada beberapa hal yang perlu dibenahi di jakarta supaya tetap layak menjadi ibu kota, yakni memperbaiki transportasi supaya tidak selalu macet.

“Sekarang ini kan macet, maka kita geber betul pembangunan sektor transportasi publik. Memang masih macet tapi coba kita lihat kalo program pembenahan transportasi publik tetep berlanjut, secara mendasar dilakukan di Jakarta dan ini sudah dimulai kemudian baru mencapai 50 sampai 60 persen. Ini diteruskan maka Jakarta akan sangat berkurang tingkat kemacetannya,” jelas Djarot.

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali mengkaji wacana pemindahan ibu kota. Alasan pemindahan ini dikarenakan di jakarta saat ini sudah terlalu padat. Hal ini diungkap oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas,Bambang Brodjonegoro.

“Jakarta jadi pusat segalanya, keuangan, industri, bisnis dan pemerintahan. Kemacetan makin parah, dan melihat ini maka perlu ada upaya untuk mencegah konsentrasi pembangunan wilayah,” ucap Menteri Bambang di Kantornya, Jakarta, Selasa (11/4). (Fq)

SHARE
Comment